Inspirasi Muslimah Produktif dan Kreatif Masa Kini

Di tengah maraknya penggunaan media sosial, muslimah semakin dimudahkan untuk belajar segala sesuatu yang baru dan kekinian. Tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan atau ketinggalan informasi agar menjadi muslimah produktif dan kreatif juga pandai merawat diri.


  1. Belajar dari Youtube

Apa pun hobi para muslimah bisa dimaksimalkan melalui Youtube, seperti hobi memasak, membuat kerajinan tangan, menyanyi, olahraga, dan sebagainya. Kita bisa belajar lebih jauh tentang hobi dan menjadikannya keahlian. Semua kesempatan bisnis pun jadi terbuka lebar.

Adapun contoh muslimah produktif dan kreatif dengan memanfaatkan Youtube salah satunya adalah Gita Savitri Devi, gadis yang baru lulus S2 di Jerman ini aktif membuat vlog tentang kesehariannya tinggal di Jerman dan berbagi pengalamannya sebagai muslim minoritas di sana. Gita pun menjadi satu-satunya wanita di Indonesia yang berhasil terpilih ambil bagian dari Youtube Creators for Change, program Youtube dalam memerangi masalah sosial.

        2. Manfaatkan Media Sosial

Tidak ada batasan status bagi para muslimah untuk menjadi produktif dan kreatif. Dari pelajar hingga ibu rumah tangga pun bisa memaksimalkan media sosial untuk selalu memberikan inspirasi kepada orang lain.

Dari hanya berbagi kegiatan sang anak di media sosial, Retno Hening tidak pernah menyangka akan bisa menjangkau lebih banyak orang lagi untuk berbagi kisah dan pengalamannya membesarkan Kirana melalui buku. Semua kesempatan terbuka karena konsistensinya sebagai ibu rumah tangga yang senang membagikan video berisi tingkah gemas dan kepintaran anaknya, Kirana.

Adapula Bella Almira atau yang sering disapa Bey melalui akunnya @bellmirs yang aktif berbagi mengenai kesehaariannya dalam menjalani kegiatan kulihah, mengisi acara offair dan on air, hingga berbagi karya. Bella sukses menunjukan bahwa menjadi muslimah yang produktif diusia muda adalah hal yang mungkin selama dapat membagi waktu dengan baik.


      3. Mulai Membuat Sesuatu

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha, fokuslah dulu terhadap apa yang kita senangi dan ingin kita lakukan. Seperti Herfiza Novianti, istri dari Ricky Harun; meski telah memiliki karier di dunia keartisan, dia tak melupakan ketertarikannya di dunia mengajar. Herfiza pun fokus mengambil kuliah S2 di sela rutinitasnya sebagai ibu rumah tangga.

Setelah melewati waktu yang tidak sebentar, akhirnya Herfiza lulus dan membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi dosen. Namun, jiwa bisnis yang muncul juga tak disia-siakan. Selain mengajar dan mengisi kegiatan parenting, kini ibu dua orang anak ini juga merambah dunia bisnis hijab


    4. Pintar Merawat Diri

Sesibuk apa pun, tidak menjadi alasan bagi muslimah untuk melupakan kewajiban merawat diri. Mengapa wajib? Karena Allah menyukai kebersihan dan keindahan. Apalagi bagi wanita yang telah menikah. Menyenangkan hati suami dengan tetap merawat tubuh di sela rutinitas mengurus anak dan rumah adalah salah satu keistimewaan yang membuat suami semakin sayang.

 

Banyak sekali muslimah produktif dan kreatif yang telah menginspirasi banyak orang untuk bergerak ke arah positif. Semoga kita bisa menjadi bagian dari orang-orang yang tidak menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan oleh Allah Swt. Amin.

Bagikan: