Cerita Hijrah Inspiratif Dua Selebriti Top yang Berhasil Istikamah


Hidayah Allah bisa datang kepada siapa saja, lewat cara yang tidak terduga. Namun, tidak semua orang mampu mengambil hidayah itu dengan segera bertobat dan menjadi diri yang lebih baik di hadapan Allah. Ada yang mengulur-ulur, ada pula yang disegerakan berhijrah. Meski penuh liku, kedua selebriti ini sukses memberikan contoh hijrah inspiratif karena dapat istikamah.

 

1.      Inneke Koesherawati

Ibundanya pun tak pernah menyangka saat Inneke memutuskan untuk berhijab pertama kali. Dikira hanya untuk menghormati hari raya Idulfitri, ternyata Inneke serius dengan hijrahnya, di bulan Ramadan tahun 2001.

Inneke terketuk hatinya saat mendengarkan ceramah seorang ustaz yang menyebutkan bahwa Allah akan mengampuni dosa orang yang bertobat, pembunuh sekalipun. Wanita yang sudah memiliki karier cemerlang di dunia keartisan ini pun langsung memikirkan dosa-dosanya sebagai pemain bintang film panas. Akhirnya, ia memilih berhijrah.

Tentu tak mulus dan penuh perjuangan, ketika pertama kali memakai kerudung Inneke masih terikat kontrak bermain sinetron. Sang produser tidak merestui jika harus syuting dengan kerudung, akhirnya Inneke dibolehkan berkerudung hanya setelah syuting selesai. Syuting tanpa hijab pun Inneke jalani, hingga suatu saat dia merasa ada yang salah dan tidak nyaman karena seperti membohongi diri sendiri.

Keputusannya pun bulat; jika tidak diizinkan syuting memakai kerudung, Inneke yakin lebih baik mundur. Produser pun meminta waktu satu hari syuting, setelah itu sinetron selesai. Sejak saat itu, Inneke tidak hanya berkomitmen dengan hijab yang dikenakannya, tetapi juga dengan pekerjaannya di dunia hiburan.

Inneke mulai memilah mana yang masih bisa dia terima dan yang tidak sesuai dengan jalan hijrahnya. Meski sempat dijuluki artis kurma karena hanya tampil di kala Ramadan, Inneke tak pernah berkecil hati soal rezeki. Justru hingga sekarang Inneke selalu dibukakan banyak pintu untuk tetap menekuni kariernya dan semakin mantap beristikamah.

Kini, berhijab menjadi bagian dari syiarnya di jalan Allah, dengan cara menginspirasi muslimah lain untuk ikut berhijab dan menaati seruan Allah. Inneke pun memiliki style hijab yang selalu membuatnya tampak cantik dan elegan di setiap kesempatan.

 

2.      Dewi Sandra

Cerita hijrah inspiratif berikutnya datang dari Dewi Sandra, penyanyi cantik berdarah Inggris yang rajin diberitakan media infotainment. Dewi butuh waktu kurang lebih setahun sebelum akhirnya mantap berhijrah. Dewi mengaku sempat maju mundur dengan keputusannya untuk berhijab. Sampai suatu hari di puncak kegalauannya, Dewi memohon petunjuk kepada Allah. Dia pun membuka Al-quran dan membaca ayat secara acak. Surah Al-Ahzab ayat 59 tentang perintah Allah kepada setiap muslimah untuk menutup aurat adalah ayat yang dia baca dan menuntunnya untuk berhijrah di tahun 2015.

Kini, Dewi masih aktif bernyanyi dan mempunyai segudang kegiatan lain di dunia hiburan yang tentu sejalan dengan hijrahnya. Tidak hanya itu, Dewi pun sibuk memperdalam keislamannya juga aktif di berbagai kegiatan amal. Salah satunya menggalang dana untuk pembuatan mesjid di Seville, Spanyol.

Sebagai public figure, style hijab yang dikenakan Dewi Sandra juga tak pernah mengecewakan. Dewi kerap mengenakan hijab segi empat basic Turki, pashmina, hingga hijab instan layer.

 

Perjalanan hijrah seorang muslim tentu berbeda-beda dan selalu diwarnai godaan. Bagi yang telah berhasil menepis godaan tersebut dan memutuskan berhijrah, tantangan selanjutnya adalah istikamah. Semoga cerita hijrah inspiratif dan style hijab kedua selebriti tersebut menginspirasi kita untuk berpakaian syar’i. Amin.

Bagikan: